Thursday, December 27, 2018

Ini Yang Terjadi Jika Mengaktifkan HP di Pesawat

Pertanyaan yang sering muncul didalam hati anda ketika menaiki pesawat salahsatunya yaitu Mengapa dilarang mengaktifkan ponsel ketika melakukan penerbangan? Bahkan, pemerintah pun bersikap tegas terhadap isu ini, yakni melalui Pasal 54 butir (f) Undang-Undang (UU) RI Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan yang berbunyi: “Setiap orang di dalam pesawat udara selama penerbangan dilarang melakukan: pengoperasian peralatan elektronika yang mengganggu navigasi penerbangan. 

Hasil gambar untuk mengapa tidak boleh menyalakan hp di pesawat

Larangan terkait sudah berlaku sejak 1988 silam, yakni ketika Radio Technical Communication Aeronautics (RCTA), merekomendasikan larangan menggunakan peralatan elektronik portable pada saat pesawat lepas landas dan mendarat. Larangan tersebut dilatar belakangi oleh keluhan pilot mengenai gangguan instrumen navigasi pesawat saat lepas landas dan mendarat yang disebabkan oleh susupan  gelombang-gelombang elektronik di luar sinyal yang diberikan oleh menara pengatur lalu lintas udara di bandara. 


Lalu munculah mode pesawat atau "airplane mode" yang fungsi dan kegunaannya untuk meminimalisir gangguan terhadap pilot. Dan sudah sering digunakan oleh penumpang ketika mereka berada dalam pesawat. Namun mungkin anda masih penasaran, apakah hanya dengan mengaktifkan mode pesawat, penerbangan akan aman?

Berikut adalah hal-hal yang sebenarnya terjadi jika Anda mengaktifkan HP atau alat gadget lainnya ketika di pesawat.

Mengganggu Sistem Navigasi Pesawat


Jika Anda tidak mengaktifkan flight mode selama penerbangan, dikhawatirkan pancaran sinyal telpon seluler dapat menggangu sistem kerja pesawat itu sendiri. Baik itu telepon genggam, tablet, dan segala macam gadget lainnya yang dapat memancarkan gelombang elektromagnetik memang menjadi faktor besar keselamatan penumpang.

Pancaran gelombang tersebut akan menimbulkan bunyi yang mengganggu komunikasi antara pilot dengan petugas bandara atau ground control melalui headphones

Hasil gambar untuk sistem navigasi pesawat

Pilot Mendengar Bunyi Buzzing


Jika gadget anda dibiarkan dalam keadaan normal ditengah pesawat yang sedang dalam penerbangan, sang pilot akan dapat mendengar bunyi buzzing dalam headphonesnya yang kurang lebih terdengar seperti "bzzzzztt...bzzzzttt....bzzzzztttt". Dan bunyi tersebut akan terdengar secara terus-menerus selama penerbangan dan akan menganggu komunikasi antara pilot dengan air traffic control, dimana jika komunikasi dengan pengatur lalu lintas di udara tidak terlaksana dengan baik, akibatnya bisa fatal.

Oleh karena itu, mengaktifkan mode pesawat pada HP atau gadget anda sangat membantu sang pilot untuk bisa berkomunikasi lancar dengan petugas pengatur lalu lintas. Jika anda merasa kurang puas hanya mengaktifkan mode pesawat, anda boleh saja mematikan HP atau gadget anda selama perjalanan.
Hasil gambar untuk mode airplane



Federal Aviation Authority (FAA) Badan Penerbangan Federal Amerika serikat menyatakan bahwa pengaktifan mode pesawat pada gadget selama penerbangan sudah cukup aman.

Sejak peraturan dikeluarkan FAA beberapa tahun lalu, penumpang pesawat kini tidak perlu lagi mematikan smartphone, tablet, dalam penerbangan, asal mengaktifkan mode pesawat selama take off dan landing.


Meskipun Aman menurut FAA yang memperbolehkan penumpang pesawat menggunakan smartphone dengan mode terbang saat bepergian dengan menggunakan pesawat terbang, sebaiknya Anda meninjau kembali peraturan penerbangan sipil di setiap negara, karena peraturan penerbangan sipil setiap negara berbeda-beda

Jika di suatu penerbangan Anda ditegur Flight Attendant mengatakan Switch Off Your Cell Phone!, maka Anda harus patuhi, ataupun awak kabin memerintahkan untuk matikan smartphone maka Anda juga harus indahkan, semua ini demi keamanan penerbangan Anda. Jadi patuhi peraturan penerbangan sipil demi keselamatan bersama.

No comments:

Post a Comment